DAMPAK PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KESEHATAN



Iklim dunia secara menyeluruh sedang mengalami kerusakan sebagai konsekuensin dari aktivitas manusia. Hal ini disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas-gas yang menghalangi pantulan energi sinar matahari dari bumi yang menyebabkan peningkatan efek rumah kaca dan mengakibatkan bumi, planet yang kita huni menjadi lebih panas. Hubungan antara perunahan iklim dengan kesehatan manusia adalah sangat kompleks. Dampak pemanasan global terhadap kesehatan meliputi dampak langsung dan dampak tak langsung. Dampak langsung seperti penyakit atau kematian yang berhubungan dengan suhu yang ekstrim dan efek pencemaran udara oleh spora  dan jamur, dampak tidak langsung dan mengakibatkan penyakit yang ditularkan melalui air atau makanan, penyakit yang ditularkan melalui vektor serangga dan rodent, atau penyakit karena kekurangan air dan makanan.
Perubahan iklim mengancam stabilitas ekosistem dan keaneka-ragaman mahluk hidup (biodiversity). Kerusakan sistem fisik dan ekologi bumi ini juga dapat dibuktikan dengan adanya penipisan lapisan ozon di stratosfer, penurunan keaneka-ragaman mahluk hidup, degradasi tanah, dan perubahan sistem atau siklus air.
Perubahan iklim didefinisikan sebagai perubahan signifikan dari iklim maupun variabilitas iklim yang menetap dalam jangka waktu yang lama (satu dekade) atau seterusnya (IPCC, 2001). Perubahan iklim dapat disebabkan oleh proses perubahan alamiah internal (misalnya badai El Nino) maupun eksternal (seperti perubahan persisten yang diinduksi oleh aktivitas manusia, berupa perubahan komposition udara dan perubahan peruntukan tanah).
Efek perubahan iklim akan tidak sama di semua tempat, misalnya tidak semua populasi penduduk mengalami risiko banjir di daerah pantai. Banjir karena serangan badai telah mengancam 50 juta penduduk setiap tahun, Apabila permukaan air laut naik setinggi 0,5 M, angka ini dapat meningkat dua kalinya. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa gletser di Greenland telah mencair dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dgn tahun-tahun sebelumnya, akan membahayakan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai yang rendah.
Walaupun efek perubahan iklim dan konsekuensi pemanasan global tidak dimengerti secara pasti, beberapa efek langsung terhadap n peningkatan temperatur dapat diukur, seperti peningkatan kejadian penyakit yang berhubungan dengan kenaikan temperatur, peningkatan angka kematian karena gelombang udara panas seperti yang terjadi di Perancis tahun 2003. Kondisi iklim yang tidak stabil dapat menyebabkan peningkatan kejadian bencana alam, seperti badai, angin siklon puting beliung, kekeringan dan kebakaran hutan, yang berdampak terhadap kesehatan fisik dan mental masy yang terserang.








Comments

Popular posts from this blog

PANTAI BERLUMPUR

Cara Menghitung Air Buangan (Limbah) Kompleks Perumahan

PEMANTAUAN KUALITAS AIR (1)